Setiap keluarga tentu menginginkan rumah sendiri, terutama bagi pasangan baru. apakah Anda termasuk yang menginginkan hunian dengan hemat biaya? Nah pada artikel kali ini akan diberikan beberapa tips agar Anda dapat menghemat biaya pembangunan rumah. Namun, kita hanya akan membahas pembangunan huniannya saja, sehingga di artikel kali tidak membahas biaya untuk tanah.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal dan sedikit berkeliling agar hasil maksimal. Cara yang dapat Anda lakukan agar bisa membangun rumah dengan hemat namun tidak mengabaikan kesehatan dan keselamatan keluarga penghuni rumah, berikut ini tipsnya.

  1. Pertimbangkanlah terlebih dahulu saat mendesain rumah
    Dalam tahap perencanaan tentu Anda perlu untuk mempertimbangkan berapa ruangan yang Anda perlukan. Pilihlah tipe yang minimal namun fungsional, Anda dapat mencari inspirasi dari internet untuk desain-desain rumah minimalis. Buatlah daftar keperluan keluarga Anda untuk rumah, seperti Kamar, kamar mandi, dapur dll. Minimalkan dan buatlah ruangan yang multifungsi, hal ini dapat lebih menghemat biaya. Minimalkan menggunakan sekat-sekat yang tidak terlalu diperlukan. Seperti di dapur ke ruang makan, ruang keluarga ke dapur dll.
  2. Pemilihan material bangunan
    Memilih material bangunan sama halnya dengan menentukan desain rumah. Karena bahan bangunan ini dapat diperkirakan keperluannya setelah melihat desain rumah yang telah fix. Bandingkanlah harga di beberapa toko bangunan, karena ada toko yang memberikan harga berbeda dari toko lainnya dengan material yang sama. Nah, Anda dapat meminta rekomendasi dari tukang ataupun rekan , teman dan kerabat yang mengetahui tentang informasi toko-toko bangunan murah. Selain membandingkan harga, Anda juga perlu untuk mempertimbangkan kekuatan kontruksi. Seperti saat memilih bahan untuk pondasi rumah, atap, kuda-kuda atap dll. Walaupun mahal sedikit, namun jika di perhitungkan dari daya tahan dan kekuatannya bisa menjadi investasi jangka panjang, kenapa tidak.
  3. Bangunlah secara bertahap
    Nah agar Anda dapat membangun rumah sendiri dengan biaya yang terkontrol dan tidak terjadi pembengkakan, lakukanlah bangunan secara bertahap. Belilah material yang diperlukan untuk keperluan tertentu dahulu, hal ini menghindari material menumpuk lama dan dapat mengurangi kualitas dari material itu sendiri. Ada baiknya saat perencanaan Anda membagi bagian keperluan material di setiap tahap. Walaupun pembangunan rumah secara bertahap ini memakan waktu lebih lama, Namun, Anda perlu mememastikan aliran dana pendapatan yang dapat dialokasikan untuk pembangunan rumah.
  4. Memilih tukang dan cara pembayarannya.
    Hal terakhir adalah memilih orang yang dapat Anda percaya untuk bertanggungjawab atas pembangunan rumah tersebut. Pilihlah tukang yang jujur, profesional, dan berkualitas untuk hasil yang maksimal. Anda dapat meminta rekomendasi dari beberapa teman, kerabat, rekan dan mungkin tetangga. Selain pemilihan tukang, tentukan juga cara pembayaran, karena ada beberapa tipe pembayaran yang dapat dilakukan. Seperti cara pembayaran borongana atau harian. Nah, untuk yang harian mungkin Anda perlu waktu ekstra untuk mengawasinya, karena semakin bertambah hari akan semakin besar biaya yang diperlukan untuk membayar tukang tersebut. Sehingga ada beberapa tukang yang nakal dengan sengaja mengulur waktu, maka dari itu pilih lah tukang yang tepat dan cara pembayaran yang sesuai kebutuhan.

Jika Anda menginginkan hasil maksimal dari pembangunan rumah minimalis dengan biaya yang hemat, Anda perlu memperhatikan beberapa tips di atas. Walaupun masih banyak cara untuk menghemat anggaran. Ada baiknya Anda mencari jasa konsultasi bangunan yang Free. Konsultasikanlah apa yang menjadi permasalahan dan kesulitan Anda. Jalinlah relasi dan komunikasi yang baik antar Anda, kontraktor, tukang dan segala pihak yang terlibat dalam pembangunan rumah Anda. Demikianlah artikel tentang Tips Bangun Rumah Dengan Biaya Murah, semoga bermanfaat. Salam.