Dalam konstruksi bangunan, keramik seringkali dihubungkan dengan penutup lantai yang dapat memberikan nilai estetik pada bangunan. Lantai yang hanya dihaluskan dengan semen saja akan memberi kesan bangunan belum selesai. Namun setelah di tutup dengan keramik maka lantai akan terlihat bersih dan indah.

BACA: Tips Memilih Semen Dengan Kualitas Baik

Dipasaran, kita akan menemukan keramik dengan beragam tekstur, model, dan warnanya dengan harga yang bervariasi pula. Selain sebagai penutup lantai keramik juga  mempunyai fungsi lainnya dalam konstruksi banguan. Pada prinsipnya keramik mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Keramik menjadi finishing dalam konstruksi bangunan

Seperti sudah dijelaskan di atas, bangunan dengan lantai yang belum dikeramik terkesan masih setengah jadi dan kurang nyaman untuk dilihat. Oleh karena itu pemilihan keramik dan pemasangannya harus dilakukan dengan benar sehingga dapat menambah nilai estetika bangunan. Pemasangan keramik yang dilakukan dengan benar bisa meminimalkan kerusakan seperti keretakan keramik, keramik kosong, dan pemasangan tidak rapi.

2. Penutup Lantai

Fungsi utama keramik adalah untuk menutup lantai. Jenis keramik yang biasa digunakan untuk menutup lantai memiliki permukaan yang lebih kasat dibandingkan keramik untuk penutup dinding. Permukaan yang kasat dan tidak licin bisa membuat orang yang melewati lantai tidak mudah jatuh terpeleset.

3. Penutup Dinding

Selain diaplikasikan untuk menutup lantai rumah, keramik juga digunakan untuk menutup dinding seperti ruang dapur, dinding kamar mandi. Pemasangan keramik sebagai penutup dinding biasanya hanya melapisi separo dinding.

Sebagai contoh keramik yang dipasang di dapur bermanfaat untuk melindungi dinding dari cipratan air dan minyak. Air atau minyak yang terciprat ke keramik akan mudah dibersihkan dengan cara di lap.  Dengan adanya keramik maka dapur akan terlihat lebih bersih.

BACA: Cara Membuat Plesteran Yang Benar

Begitu halnya keramik yang dipasang pada dinding kamar mandi. Dinding akan lebih awet dan bersih karena cipratan air tidak akan terserap pada dinding.

Dinding dapur dan kamar mandi yang dilapisi dengan keramik akan lebih awet dibandingkan jika dilapisi dengan menggunakan cat biasa. Pada dinding yang dilapisi dengan pengecatan biasa akan lebih boros dalam hal perawatannya. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan penggunaan keramik untuk menutupi dinding dapur dan kamar mandi.

4. Melapisi Meja Dapur

Fungsi keramik lainnya adalah untuk melapisi meja dapur. Adanya keramik bisa melindungi meja dapur dari noda bahan makanan dan melindungi meja dapur akibat goresan pisau saat memotong makanan atau pada saat mengulek bumbu.

Keramik pada meja dapur juga bisa mencegah meja dapur menjadi berjamur dan berbau. Meja dapur menjadi mudah dibersihkan dan membuat meja dapur tidak lembab. Dengan demikian meja dapur tidak gampang berjamur.

Untuk mencegah meresapnya air ke lantai atau dinding yang dipasang keramik, sela atau celah antara keramik harus ditutup dengan menggunakan nat keramik. Nat keramik ini berfungisi mengisi celah sambungan antar keramik. Nat biasanya berupa semen instan siap pakai yang tahan terhadap bakteri dan jamur serta anti air.

5. Melapisi Dinding Teras Rumah

Keramik juga biasa digunakan untuk melapisi dinding teras rumah. Dinding teras rumah biasanya dibuat setinggi 50-60 cm mengelilingi teras rumah. Dinding teras rumah biasanya digunakan untuk duduk duduk sambil bersantai bersama keluarga.

Supaya terlihat bersih dan terkesan mewah, dinding teras rumah biasanya dilapisi menggunakan keramik dan tidak dibiarkan hanya berupa cor-coran semen halus saja.

Demikianlah ulasan pemanfaatan keramik dalam konstruksi bangunan. Melihat pentingnya keramik sebagai bagian finishing bangunan maka perlu dipertimbangkan penggunaan keramik untuk menambah keindahan dan menjaga keawetan bangunan dari kerusakan akibat perubahan cuaca dan faktor faktor eksternal lainnya.

Bagi Anda yang membutuhkan pemasangan keramik untuk penutup dinding dan lantai bisa menghubungi tim Bangunrumahpro. Kami akan melayani pemasangan keramik rumah Anda dengan tukang berpengalaman, ramah, dan rapi dalam setiap pemasangannya.